Tips Merawat Printer Laser

Membeli printer laser untuk memenuhi kebutuhan cetak-mencetak Anda merupakan pilihan yang tepat. Karena printer laser memiliki beberapa keunggulan dibanding printer jenis lain, antara lain :

  1. Memiliki kecepatan cetak yang tinggi dibanding printer jenis lain, salah satu printer laser dengan kecepatan sangat tinggi adalah HP LaserJet 9050 MFP yang mampu mencetak hingga 50ppm (pages per minute).
  2. Kualitas cetaknya sangat tinggi. Dapat Anda bandingkan hasil cetakan printer laser dengan printer jenis lain, hasil cetakan printer laser lebih halus karena printer laser mampu mencetak hingga 1200 dpi (dots per inch).
  3. Dokumen yang dicetak menggunakan printer laser lebih awet daripada dokumen yang dicetak menggunakan printer jenis lain, karena cetakan printer laser tahan terhadap air dan kelembaban yang tinggi, sehingga cetakannya tidak mudah pudar dan luntur.
  4. Printer laser mampu mencetak pada media yang beragam, misal kertas plain, transparansi, paper plate, label sticker, cardstock, art paper, glossy paper, photo paper dan lain sebagainya.

 

Selain keunggulan-keunggulan diatas, printer laser juga memiliki beberapa kelemahan antara ini adalah konsumsi daya (wattage) yang lebih tinggi dan harganya yang lebih mahal dibanding printer jenis lain. Sehingga untuk menjaga investasi printer laser Anda, berikut ini beberapa tip agar printer Anda awet, kualitas cetaknya stabil, dan kelak jika Anda bosan dan ingin dijual harga jualnya pun masih bagus.

  1. Jauhkan dari sinar matahari langsung, karena di dalam cartridge printer laser terdapat OPC Drum yaitu suatu komponen yang sangat peka cahaya dan dapat rusak permanen apabila terkena cahaya matahari langsung.
  2. Hindarkan menggunakan printer laser dalam lingkungan yang terlalu berdebu, karena debu dapat masuk ke dalam unit laser (scanner) sehingga mengurangi kualitas cetaknya.
  3. Hindarkan menggunakan printer laser dalam lingkungan yang terlalu lembab, karena serbuk toner dalam cartridge-nya mudah rusak oleh kelembaban udara yang terlalu tinggi.
  4. Jangan menggunakan toner cartridge yang sudah bocor, karena tumpahan serbuk toner dapat menyebar di dalam printer dan menyebabkan kerusakan. Untuk itu sebelum memasukkan toner cartridge ke dalam printer pastikan tidak ada kebocoran serbuk toner.
  5. Gunakan media cetak dengan gramatur sesuai dengan spesifikasi printer, media cetak dengan gramatur terlalu tinggi akan memberi beban lebih pada unit pemanas (fuser) sehingga cetakan pada media cetak mudah rontok dan terhapus.
  6. Gunakan printer laser dengan daya listrik yang stabil, jika perlu gunakan stabilizer atau stavolt.
  7. Jangan memberi beban kerja melebihi spesifikasi printer. Setiap printer laser memiliki duty cycle yang telah ditetapkan oleh produsennya, duty cycle menyatakan beban kerja printer dalam 1 bulan yang dinyatakan dengan pages per month. Misal printer laser dengan duty cycle 10.000 pages per month tidak boleh digunakan mencetak lebih dari itu karena dapat berdampak pada usia pakai komponen cartridge maupun printernya.
  8. Jika terjadi paper jam di dalam printer, pastikan Anda melepas toner cartridge-nya terlebih dahulu baru kemudian tarik kertas yang macet di dalam printer, cara menariknya adalah searah jalannya kertas dan tidak boleh sebaliknya.
  9. Jangan menggunakan kertas bekas, karena akan mudah mengalami paper jam. Jika Anda ingin mencetak bolak-balik beberapa printer laser memiliki fitur “duplex” yang mempu mecetak bolak-balik sekali jalan.
  10. Jika Anda ingin lebih hemat dalam mencetak, Anda dapat menggunakan jasa refill atau membeli cartridge compatible, namun pastikan dulu kualitas refiller maupun compatible yang Anda beli. Penggunaan cartridge refillan dan cartridge compatible yang berkualitas bagus tidak akan merusak printer Anda.

Semoga bermanfaat.

Tips Merawat Printer Laser




Cara Kode - Belajar CSS Dasar

     
     Home | Promo | F.A.Q | Contact





Address :
Jl.Semeru Barat Utama
No.15 Posanan, tegalharjo
Jeberes, Surakarta.

Phone :
0271-643351

Email Address : info@offio.co.id